Cara Backup Aplikasi+Data Pakai Titanium Backup [ROOT]

Cara Backup Menggunakan Titanium Backup | Jika kamu merupakan seseorang yang sering mengutak atik HP seperti halnya custom rom. Setiap akan melakukan custom rom tentu kalian melakukan full wipe, hal itulah yang membuat aplikasi dan data di HP kalian hilang. Untuk itu setiap akan melakukan custom rom kalian wajib untuk melakukan pencadangan atau yang sering disebut dengan Backup.

Backup ini wajib dilakukan agar aplikasi dan data kalian di rom yang lama bisa langsung digunakan di rom yang baru (setelah flash rom). Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membackup aplikasi beserta data-datanya. Namun yang sering saya gunakan adalah Migrate dan Titanium Backup.

Cara Backup Aplikasi+Data Pakai Titanium Backup [ROOT]

Sebelumnya saya telah memberikan tutorial cara backup aplikasi menggunakan Migrate. Kalian bisa langsung lihat disini caranya: (Cara Backup Aplikasi Pakai Migrate). Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara untuk membackup aplikasi beserta data aplikasi HP menggunakan Titanium Backup.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Ada banyak perbedaan antara Migrate dan Titanium Backup. Bedanya Migrate memerlukan proses Flashing untuk melakukan Restore. Nah di Titanium Backup ini kita tidak perlu melakukan proses flashing di TWRP untuk dapat merestore data kita.

Hal ini tentu menjadikan Titanium Backup lebih mudah digunakan dan lebih praktis. Adapun kelemahan Titanium Backup yaitu aplikasi ini mempunyai tampilan yang lawas berbeda dengan aplikasi Backup and Restore lainnya seperti Migrate yang memiliki tampilan lebih modern.

Meskipun begitu saya lebih merekomendasikan kalian menggunakan aplikasi Titanium Backup untuk membackup aplikasi dan data kalian karena selain jauh lebih mudah digunakan, Titanium Backup atau yang lebih sering disingkat dengan TB ini support hingga Android versi 10 (sudah saya coba sendiri).

Cara Backup Aplikasi dan Data Menggunakan Titanium Backup (TB)

Sebelum masuk ke cara membackup aplikasi menggunakan Titanium Backup, pastikan smartphone yang kamu gunakan sudah dalam keadaan ROOT. Jika belum maka kalian harus melakukan ROOTING terlebih dahulu baik menggunakan SuperSU atau menggunakan Magisk Manager.

Setelah memastikan smartphone kamu sudah diroot, berikut cara menggunakan Titanium Backup untuk membackup aplikasi dan data HP kamu dengan aman.

1. Pertama, download aplikasi Titanium Backup di Google Playstore. Meski saya lebih merekomendasikan menggunakan Titanium Backup versi lawas karena lebih stabil.


2. Selanjutnya buka aplikasi Titanium Backup. Jika aplikasi Titanium Backup meminta akses root maka tekan "Izinkan". Lalu akan muncul notifikasi tekan "Ok" saja.


3. Setelah melewati tahap awal persiapan, selanjutnya tekan icon "Menu" yang ada di pojok kanan atas hingga muncul banyak pilihan menu seperti di bawah ini. Karena disini kita akan membackup aplikasi, maka tekan pada menu "Backup all user apps" jika ingin membackup aplikasi user atau pilih "Backup all system data" untuk membackup aplikasi sistem seperti telepon, galeri, dll.


4. Kemudian kalian diminta untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin kalian backup. Lebih baik pilih semua aplikasi lalu teka ceklis yang ada di pojok kanan atas. Lalu tunggu proses backup sampai selesai.


5. Selesai

Jika ingin membackup riwayat telepon dan sms kalian juga bisa melakukannya menggunakan Titanium Backup. Caranya pilih sistem apps lalu pilih log telepon dan sms. Selanjutnya tekan backup untuk mencadangkan riwayat telepon dan sms.

Bagaimana? Mudah bukan? Selain mudah digunakan Titanium Backup juga dapat melakukan restore aplikasi kapan saja dimana saja tanpa harus masuk ke mode TWRP di smartphone kalian. Sekarang kalian bebas melakukan custom rom tanpa takut kehilangan aplikasi dan data kalian.

Sekian artikel tentang Cara Backup Aplikasi+Data Pakai Titanium Backup [ROOT]. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Backup Aplikasi+Data Pakai Titanium Backup [ROOT]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel