Cara Memberbaiki Kipas Angin Yang Bunyi Berisik

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berisik | Kipas angin merupakan benda atau lebih tepatnya peralatan rumah tangga untuk mendinginkan ruangan. Kipas angin menjadi benda wajib yang ada di setiap rumah terutama di daerah yang memiliki cuaca yang panas. Alat ini dapat menjadi alternatif AC untuk mendinginkan ruangan di kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga.

Kipas angin pada dasarnya adalah rangkaian dari baling-baling dan dinamo. Baling-baling bertugas untuk menghembuskan udara ke arah depan untuk mendinginkan ruangan, sementara dinamo bertugas untuk menggerakkan baling-baling. Rangkaian ini kemudian dibungkus menggunakan bahan plastik agar lebih ergonomis. Kipas angin membutuhkan energi listrik sebagai penggerak utamanya.

Cara Memberbaiki Kipas Angin Yang Bunyi Berisik

Kipas angin merupakan benda yang dapat dengan mudah kita temukan di toko elektronik. Kita dapat dengan mudah membeli kipas angin di toko elektronik dekat rumah kita. Adapun beberapa merk kipas angin yang lumayan sering kita jumpai seperti Cosmos, Panasonic, Miyako, Maspion, dll.

Saat membeli kipas angin tentu tidak banyak yang harus kita perhatikan. Cukup lihat kualitas, merk, dan fungsi dari kipas angin tersebut berfungsi sebagai mana mestinya atau tidak. Kipas angin yang sudah digunakan cukup lama dalam kurun waktu tahunan biasanya akan mengalami sesekali masalah atau kerusakan.

Kerusakan yang paling sering kita temui pada kipas angin yang sudah digunakan lama adalah timbum atau munculnya suara berisik yang berasal dari kipas angin. Suara berisik tersebut seringkali mengganggu kita ketika menghidupkan kipas angin.

Suara tersebut muncul karena adanya gesekan antara dinamo dan penopang baling-baling. Karena penopang baling-baling terbuat dari besi, jadi bila digunakan lama maka akan berkarat. Bagaimana cara mengatasinya? Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk memperbaiki kipas angin yang berisik.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Bersuara Berisik

Sebelum masuk ke caranya, siapkan dahulu alat-alat untuk memperbaiki kipas angin yang bersuara berisik. Alat yang dibutuhkan antara lain seperti: Obeng, Kapas/Cotton buds, dan minyak goreng/Baby oil/oli.

Setelah memepersiapkan alat-alat untuk memperbaikinya kini lanjut ke cara untuk memperbaiki kipas angin yang beruara berisik. Berikut tahapannya.

1. Buka Penutup Kipas angin

Hal yang paling pertama dilakukan adalah membuka penutup kipas angin. Kalian bisa menggunakan obeng untuk membuka baut yang ada pada penutup kipas angin. Buka bagian depan kipas angin dengan hati-hati.

2. Lepas Baling-Baling Kipas Angin

Setelah berhasil melepas bagian penutup kipas angin, selanjutnya lepas baling-baling kipas angin. Kalian bisa melepasnya dengan menggunakan tangan kosong atau menggunakan obeng (tergantung model kipas angin yang dimiliki).

3. Oleskan Pelumas Pada Cotton buds/Kapas

Siapkan pelumas, kalian bisa menggunakan pelumas apa saja seperti minyak goreng/Baby oil/atau oli. Oleskan pelumas tersbeut pada Cotton buds/kapas yang telah disediakan (jangan terlalu banyak).

4. Oleskan Cotton buds/Kapas Pada Sela-Sela Dinamo

Oleskan Cotton buds/Kapas yang telah dilumuri pelumas ke sela-sela dinamo kipas angin. Oleskan secara perlahan dan merata.

5. Pasang Kembali Kipas Angin

Setelah selesai melumuri dinamo kipas angin dengan pelumas, langkah terakhir adalah memasang kembali kipas angin seperti semula.

Silahkan dicoba, apakah masih ada bunyi berisik pada kipas angin atau tidak. Cara memperbaiki kipas angin yang bunyi berisik ini sangat mudah dilakukan. Kalian tidak perlu ke tukang servis kipas angin untuk memperbaiki kipas angin yang berbunyi berisik.

Sekian artikel Cara Memberbaiki Kipas Angin Yang Bunyi Berisik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memberbaiki Kipas Angin Yang Bunyi Berisik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel