5 Tips Mengelola Data Karyawan Anti Ribet

Tips Mengelola Data Karyawan | Di era sekarang ini banyak sekali perusahaan semakin berkembang. Berkembangnya banyak perusahaan saat ini menyebabkan berbagai faktor baik internal maupun faktor eksternal. Faktor internal perusahaan yang semakin berkembang adalah semakin banyaknya karyawan pada perusahaan tersebut. Banyaknya karyawan ini tentu berimbas pada data karyawan yang semain banyak.

Nah jika data kawyawan semakin banyak maka kita akan sulit untuk mengelolanya. Apalagi jika suatu perusahaan besar yang memiliki ratusan bahkan hingga ribuan karyawan yang datanya harus dikelola. Tentu sangat merepotkan bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk mengelola data karyawan secara cepat dan mudah.

5 Tips Kelola Data Karyawan Anti Ribet

Mengelola data karyawan adalah sebuah pekerjaan yang cukup mudah namun terkadang juga melelahkan. Perusahaan yang memiliki karyawan yang cukup banyak tentu memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan dengan perusahaan dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit.

Data karyawan sangatlah penting untuk dikelola karena biasanya data karyawan ini memiliki berbagai data penting yang berisi mengenai berbagai data yang berhubungan dengan karyawan. Sebagai contoh data pribadi, data jam kerja, data penggajian, dan berbagai data lainnya.

5 Tips Kelola Data Karyawan Anti Ribet

Kesalahan pengelolaan data karyawan bisa menyebabkan permasalahan yang fatal untuk perusahaan. Baik perusahaan dan juga karyawan bisa dirugikan, bukan hanya satu pihak yang merugi namun juga kedua belah pihak sama – sama rugi.

Dengan kata lain ad acara yang tidak ribet untuk mengelola sebuah data karyawan. Berikut ini adalah 5 tips untuk mengelola data karyawan anti ribet yang bisa anda gunakan.

1. Libatkan Karyawan Untuk Pengelolaan Data

Walaupun sudah menggunakan sistem HRIS terkadang beberapa data masih belum terupdate. Perubahaan data ini tentunya sangat penting untuk di update guna menghasilkan data terkini yang valid.

Untuk itu ada baiknya jika melibatkan karyawan untuk membantu pekerjaan manajemen HR, jika karyawan memiliki perubahan data, seperti data personal dan juga data lainnya persilahkan mereka untuk bisa mengupdate sendiri di sistem. Hal ini juga mampu menambahkan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan dimana mereka bekerja.

2. Jangan Lupakan Untuk Backup Data

Sebagai seorang pengelola data karyawan hal yang paling vital adalah kehilangan data. Hal yang paling umum terjadi adalah kesalahan yang terjadi saat pengelolaan data karyawan atau human error. Untuk menghindari rusak, hilang, dan perubahan data tanpa kita ketahui, ada baiknya jika kita melakukan back up secara berkala. Back up data ini merupakan langkah antisipasi jika hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Kelompokan Data Karyawan

Pengelompokan data karyawan bisa menjadi solusi tepat dalam mengelola data anti ribet. Kenapa? Karena dengan mengelompokkan data karyawan kita jadi mengetahui jenis data berdasarkan dengan kelompok data yang sudah kita buat.

Cara ini juga terbukti sangat efisien dan efektif untuk mengelola data. Lebih cepat dalam proses pencarian, pelaporan, dan juga pengambilan data.
Sebagai contoh pengelompokkan data berdasarkan dengan unit kerja, cara penggajian, absensi, performa, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  7 Manfaat Menggunakan Aplikasi Database Karyawan

4. Lakukan Pelatihan

Pengelolaan data karyawan harus dilakukan oleh orang yang benar – benar memiliki kompentensi tinggi, karena mereka bekerja langsung dengan data – data yang sangat penting. Ada baiknya jika perusahaan membuat sebuah pelatihan khusus atau training, agar kompetensi mereka tetap berkembang. Dengan melakukan training ini tentunya pengelolaan data karyawan diharapkan bisa menjadi lebih maksimal.

5. Gunakan Aplikasi HRIS

Salah satu solusi paling mudah untuk mengelola data karyawan adalah menggunakan aplikasi HRIS. HRIS atau Human Resource Information System adalah aplikasi atau sistem informasi yang di buat untuk mengelola fungsi – fungsi pekerjaan di unit Human Resource.

HRIS ini juga mengatur data – data karyawan sehingga bisa dikelola dengan lebih baik. Banyak sekali fitur HRIS yang memudahkan untuk mengelola data karyawan, mulai dari penggajian, data personal, data performa pekerjaan, dan data lainnya yang berhubungan dengan karyawan.

Kesimpulan

Pengelolaan data memang bukan pekerjaan yang sulit, bisa dibilang cukup mudah, tapi untuk bisa mengelola data karyawan dengan efektif, efisien dan tidak ribet cukup sulit untuk dilakukan. Penggunaan aplikasi data karyawan juga bisa membantu untuk memudahkan hal ini.

Namun aplikasi data karyawan haruslah benar – benar memberikan keuntungan, fungsi, dan fitur yang lengkap sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien.
Software HR LinovHR memiliki kelebihan tersebut, dengan menggabungkan berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

LinovHR merupakan sebuah platform HRIS berbasis web yang memudahkan manajemen HR dalam menjalankan proses end-to-end di bidang HR. Mulai dari, manajemen organisasi perusahaan, Manajemen Kehadiran, Payroll, rekrutmen, Performance Appraisal, Employee Self Services, Feedback, Learning and Development dan Succession management, sampai manajemen pendataan karyawan

Dengan menggunakan LinovHR manajemen data karyawan akan menjadi lebih efektif dan efisien, meskipun jumlah data karyawan tersebut ribuan. Sekian artikel 5 Tips Kelola Data Karyawan Anti Ribet. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Mengelola Data Karyawan Anti Ribet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel