Cara Backup Aplikasi dan Data Smartphone Menggunakan Migrate

Cara Backup Menggunakan Migrate | Migrate adalah aplikasi Backup dan Restore aplikasi dan data di smartphone Android. Migrate ini hampir mirip dengan aplikasi Titanium Backup. Bedanya di Migrate ini proses Backup dan Restore dibuat simple sehingga mempermudah pengguna yang ingin membackup aplikasinya menggunakan Migrate ini. Aplikasi Migrate ini masih terbilang aplikasi yang baru namun sudah memiliki banyak sekali pengguna.

Migrate dikembangkan oleh developer bernama BaltiApps. Selain bisa membackup aplikasi beserta datanya, Migrate juga bisa membackup semua hal di smartphone Android kita seperti kontak, pesan, screen DPI, keyboard, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini menjadi aplikasi Backup favorit saya setelah lama menggunakan aplikasi Backup lainnya.

Cara Backup Aplikasi dan Data Smartphone Menggunakan Migrate

Saat ingin menggunakan aplikasi Migrate ini smartphone Android kita harus dalam keadaan Root dan tentu saja sudah terpasang TWRP. Pastikan smartphone kalian sudah terpasang TWRP dan sudah Root baik menggunakan SuperSU ataupun menggunakan Magisk Manager.

Tentu saja, aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Hanya yang suka oprek dan gonta ganti ROM saja yang menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi Backup dan Restore data di smartphone. Untuk kamu yang sudah memasang custom ROM kamu wajib sekali menggunakan aplikasi Migrate ini.

Baca juga: Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Jika kamu sering gonta ganti ROM, maka semua aplikasi kamu pasti akan hilang karena proses "Wipe" yang ada di TWRP. Kamu harus bersusah payah untuk mendownload ulang aplikasi di smartphone kamu setiap menginstall custom ROM. Sekarang hal itu tidak perlu lagi karena dengan menggunakan aplikasi Migrate ini kamu bisa mebackup (Aplikasi, Data, Perizinan, Kontak, SMS, dll) dengan sangat mudah.

Cara Menggunakan Aplikasi Migrate untuk Backup Data

Karena aplikasi Migrate ini tergolong masih baru dan masih belum banyak orang yang bisa untuk menggunakannya, kali ini saya akan memberikan tutorial cara untuk menggunakan aplikasi Migrate untuk membackup data di smartphone Android. Ini dia caranya.

1. Pertama install lalu buka dulu aplikasi Migrate di smartphone Android kamu. Jika ada permintaan perizinan Root tekan saja "Izinkan" atau "Grant" dan aplikasi Migrate akan meminta akses ke sistem. Pada tampilan awal aplikasi Migrate ini tekan "Backup" untuk memulai mencadangkan aplikasi dan data smartphone kamu.


2. Selanjutnya kalian diminta untuk memilih aplikasi dan data mana saja yang ingin kalian Backup. Saya sarankan untuk membackup semua aplikasi beserta data dan permission. Selanjutnya tekan Next untuk melanjutkan.


3. Kemudian kalian diminta untuk membackup hal lain seperti Kontak, Riwayat Telepon, SMS, dan sebagainya. Jika kalian ingin mencadangkannya tinggal ceklis saja kemudian tekan "Start Backup" untuk memulai membackup.


4. Proses Backup akan berjalan. Proses ini akan memakan waktu sesuai dengan banyaknya aplikasi dan data di smartphone kamu. Jika aplikasinya dan datanya sedikit maka prosesnya akan semakin cepat, begitu pula sebaliknya.


5. Jika proses Backup sudah selesai maka tampilannya akan seperti di bawah ini. Pastikan tidak ada tulisan Error pada saat proses Backup.


Terakhir klik Close dan file Backup akan tersimpan otomatis ke File Manager > Migrate > Backup. Sekarang kalian tidak perlu pusing dan repot lagi setiap ingin mengganti ROM. Karena dengan menggunakan aplikasi Migrate ini kalian bida membackup semua aplikasi beserta data smartphone dalam satu file saja. Sekian artikel Cara Backup Aplikasi dan Data Smartphone Menggunakan Migrate. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Backup Aplikasi dan Data Smartphone Menggunakan Migrate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel