Ini Dia Beberapa Penyebab AC (Air Conditioner) Menjadi Tidak Dingin

Penyebab AC Tidak Dingin | AC (Air Conditioner) adalah alat untuk menyejukkan udara. AC menjadi alat rumah tangga yang wajib ada terutama di lingkungan dengan udara yang panas seperti halnya udadara di perkotaan. Selain digunakan di rumah, AC juga menjadi barang wajib yang ada di supermarkat maupun minimarket saat ini.

Apakah kalian pernah mengalami AC yang tidak dingin? Jika AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan hembusan angin, tentu hal ini menjadi masalah yang cukup serius. AC yang hanya meneluarkan hembusan angin saja tentu saja tidak dapat menyejukkan ruangan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa penyebab AC menjadi tidak dingin yang sering terjadi.


Banyak hal yang menyebabkan AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja. Berikut adalah beberapa penyebab AC dirumah kalian tidak dingin.

Penyebab AC Tidak Dingin

Freon AC Habis

Penyebab AC tidak dingin yang pertama adalah Freon pada AC kalian berkurang atau habis. Apa itu Freon? Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang ingin dikondisikan suhu udaranya.

Jika Freon pada AC kalian berkurang atau bahkan habis, maka AC dirumah kalian tidak akan dingin dan hanya kana mengeluarkan hembusan angin biasa.

Kompresor AC Mulai Lemah

Penyebab yang kedua ialah lemahnya kompresor pada AC. Kompresor adalah sebagai jantung sebuah AC. Karena fungsi kompresor dalam instalasi AC bekerja memompa untuk mengerjakan sirkulasi freon ke semua pipa instalasi AC dari kondensor sampai evaporator dan kembali ke kompresor.

Jadi jika kompresor mati otomatis tidak akan menghasilkan dingin. Untuk tanda kompresor mati anda bisa melihat di bagian outdoor ac, dari getaran outdoor AC juga terasa, jika kompresor mati getaran akan sedikit halus karena hanya getaran kipas atau fan blower outdoor AC saja.

Kipas AC Mati

Fan/Kipas AC berfungsi untuk menghilangkan panas kondensor. Karena saat AC atau kompresor bekerja, kondensor akan panas karena menahan tekanan freon dari kompresor ke kondensor. Jadi jika kipas AC mati, maka kondensor akan sangat panas dan panas kondensor juga menjalar ke kompresor.

Pada kompresor dilengkapi alat pemutus tegangan bila terjadi panas berlebihan. Jadi jika fan atau kipas outdoor AC mati, maka kompresor tidak akan bekerja maksimal. Otomatis AC tidak akan dingin dan hanya mengeluarkan udara biasa saja.

Itu dia beberapa penyebab AC dirumah kalian tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja. Sekian artikel Ini Dia Beberapa Penyebab AC (Air Conditioner) Menjadi Tidak Dingin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Dia Beberapa Penyebab AC (Air Conditioner) Menjadi Tidak Dingin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel