3 Cara Menghapus Cache di Komputer dengan dan tanpa Software

Cara Menghapus File Sampah di Komputer | File sampah pada komputer atau yang biasa dikenal dengan Cache/Junk Files adalah file yang tidak terpakai. File ini sering muncul saat komputer atau laptop sering digunakan untuk melakukan Browsing di komputer menggunakan Browser. Browser pada komputer biasanya menyimpan Cache situs untuk meningkatkan pengalaman saat Browsing.

Cache ini akan membuat Browsing kalian akan lebih cepat jika mengunjungi situs yang sudah pernah kalian kunjungi sebelumnya. Misalnya Facebook, jika sebelumnya kalian membuka situs Facebook maka Cache halaman Facebook akan tersimpan dan jika kalian menutup lalu membukanya lagi situs tersebut akan melakukan loading lebih cepat karena Cache nya sudah tersimpan. Sebenarnya Cache pada komputer tidak hanya berasal dari Browser saja, kali ini saya akan menjelaskan penyebab adanya Cache dan cara menghapus Cache di komputer atau laptop Windows.

3 Cara Menghapus Cache di Komputer dengan dan tanpa Software

Yang pertama akan kita bahas adalah penyebab adanya Cache. Cache atau file sampah akan muncul saat melakukan berbagai aktivitas pada komputer. Seperti halnya membuka tutup aplikasi, memainkan game, menonton video, membuat dokumen, dan kegiatan lainnya yang ada di komputer akan memicu adanya Cache.

Cache juga akan muncul bisa kalian menghapus suatu file dan masuk ke Recycle Bin, file di Recycle Bin ini juga termasuk ke dalam Cache pada komputer atau laptop. Cache akan bertambah setiap harinya saat kalian menggunakan komputer atau laptop kalian.

Cache dengan jumlah banyak dan dibiarkan menumpuk sangat tidak baik bagi komputer. Cache yang terlalu banyak akan memperlambat kinerja komputer atau laptop (kecuali Cache Browser). Cache yang terlalu banyak juga akan memenuhi penyimpanan HDD/SSD di komputer kalian.

Cara Menghapus Cache di Komputer/Laptop Windows

Jika Cache sudah menumpuk dan memenuhi isi penyimpanan di komputer atau latop kalian, wajib hukumnya menghapus Cache atau Junk Files tersebut. Menghapus Cache dalam jumlah banyak akan meningkatkan performa sistem di komputer kalian.

Ada banyak sekali cara untuk menghapus Cache/file sampah/Junk Files di komputer. Namun saya sudah menyiapkan tiga cara paling mudah untuk menghapus Cache di komputer baik tanpa Software ataupun menggunakan Software. Cara ini bisa kalian praktekan di semua versi Windows mulai dari Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10.

Berikut caranya:

Menghapus Cache di Komputer Menggunakan Run "Temp"

Cara yang pertama adalah menghapus menggunakan Run dengan perintah Temp. Cara ini tidak menggunakan Software apapun. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, tekan kombinasi tombol Windows+R pada keyboard di komputer atau laptop kalian. Kemudian akan muncul jendela Run. Ketikkan perintah %temp% lalu tekan Enter.

menghapus cache di komputer tanpa software

Maka akan otomatis membuka jendela Temp. Blok semua file yang ada di Temp dengan menekan CTRL+A lalu klik kanan dan DELETE.

menghapus cache di komputer tanpa software

File yang dihapus tersebut merupakan file Cache yang ada di komputer atau laptop kalian. Oh ya, file tersebut tidak akan langsung terhapus melainkan akan masuk ke Recycle Bin. Buka Recycle Bin lalu hapus semua file tersebut secara permanen.

Menghapus Cache di Komputer Menggunakan Disk Cleanup

Cara yang kedua adalah dengan menghapus Cache di komputer atau laptop menggunakan Disk Cleanup. Sama seperti cara pertama, cara kedua ini tidak membutuhkan Software apapun. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, cari "Disk Cleanup" dengan menekan menu Start. Lalu buka Disk Cleanup

menghapus cache menggunakan disk cleanup

Setelah Disk Cleanup terbuka, selanjutnya pilih disk yang ingin kalian hapus Cache nya. Disini saya merekomendasikan disk C saja karena pada disk C tersimpan sistem operasi dan berbagai file Software yang memuat banyak Cache. Lalu klik "OK" untuk melanjutkan.

menghapus cache menggunakan disk cleanup

Tunggu proses Scanning selesai.

menghapus cache menggunakan disk cleanup

Setelah proses Scanning selesai, centang semua opsi yang ada lalu tekan "OK"

menghapus cache menggunakan disk cleanup

Tunggu hingga semua Cache berhasil terhapus.

Cara Menghapus Cache di Komputer Menggunakan CCleaner

Cara menghapus Cache/Junk Files yang ketiga ini berbeda dengan cara satu dan cara dua. Cara ketiga ini membutuhkan sebuah Software bernama CCleaner. Siapa yang tidak tahu tentang Software yang satu ini. Ccleaner adalah sebuah Software untuk menghapus berbagai Cache dan Registry Error.

Software ini sangat cocok untuk kalian yang tidak mau repot dan ingin menhapus Cache dengan sekali klik saja. Berikut langkah-langkah menghapus Cache dengan menggunakan Software CCleaner.

Pertama, buka Software CCleaner. Akan lalu tekan "Jalankan CCleaner" untuk melakukan proses Scanning Cache.

menghapus cache menggunakan ccleaner

Tunggu prosesnya hingga selesai.

menghapus cache menggunakan ccleaner

Jika sudah muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik "Jalankan CCleaner" untuk melakukan penghapusan Cache di komputer atau laptop kalian.

menghapus cache menggunakan ccleaner

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Sekarang kalian tidak perlu khawatir akan Cache atau file sampah yang menumpuk di komputer/laptop kalian yang membuat komputer/laptop kalian menjadi lemot. Dengan menghapus Cache, performa sistem komputer atau laptop kalian akan meningkat. Sekian artikel 3 Cara Menghapus Cache di Komputer dengan dan tanpa Software. Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Cara Menghapus Cache di Komputer dengan dan tanpa Software"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel