5+ Hal yang Dapat Membuat Baterai Smartphone Kamu Cepat Rusak/Drop

Penyebab Baterai HP Drop | Baterai adalah sumber utama dari perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop. Baterai berfungsi untuk memberikan daya listrik agar smartphone atau laptop bisa menyala dan digunakan. Baterai pada smartphone memiliki umur yang lebih pendek dari baterai laptop. Untuk itu ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar baterai smartphone kalian awet dan tidak gampang rusak.

Rusaknya baterai pada smartphone ditandai dengan dropnya persentase pada baterai. Yang dimaksud drop disini adalah persentase baterai bisa tiba-tiba anjlok ke 0% dalam waktu yang sebentar padahal smartphone tersebut baru kita cas. Nah persentase baterai yang drop ini menandakan baterai pada smartphone kalian sudah rusak dan harus cepat diganti.

5+ Hal yang Dapat Membuat Baterai Smartphone Kamu Cepat Rusak/Drop

Mengganti baterai pada smartphone tidak semudah yang kita kira. Mengganti baterai smartphone harus dilakukan dengan hati-hati apalagi untuk smartphone zaman sekarang yang semuanya menggunakan baterai tanam. Untuk mengganti baterainya maka kalian harus membongkar bagian belakang smartphone untuk dapat melepas baterai yang lama untuk digantikan menjadi baterai yang baru.

Ada pepatah mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati" hal ini juga berlaku pada baterai smartphone. Lebih baik kalian menghindari kebiasaan buruk dan hal-hal yang dapat mengakibatkan baterai smartphone cepat rusak sebelum baterai smartphone kalian benar-benar rusak.

Hal dan Penyebab Baterai Smartphone Cepat Rusak/Drop

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan baterai pada smartphone kalian drop atau rusak. Untuk itu kalian perlu menghindari hal-hal dibawah ini.

1. Mengecas Smartphone Semalaman

Mengecas smartphone semalaman tentu pernah dilakukan siapa saja. Bahkan ada juga yang memiliki kebiasaan buruk yang satu ini. Mengecas smartphone semalam suntuk dapat membuat baterai pada smartphone menjadi kembung.

Baca juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Kembungnya baterai pada smartphone ini dikarenakan arus yang dialirkan terus menerus melalui charger semalaman sehingga baterai memiliki muatan berlebih dan akhirnya baterai smartphone menjadi kelebihan daya.

2. Mengecas Kondisi 0%

Mengecas baterai smartphone pada kondisi baterai benar-benar habis atau 0% sangat tidak dianjurkan oleh produsen smartphone. Mengapa demikian? Karena pada kondisi 0% tersebut baterai smartphone kehilangan daya kelistrikannya.

Semua muatan yang ada dalam baterai seperti dikuras habis sehingga pada saat dicas pada kondisi 0%, muatan baterai akan berkurang dan tidak akan kembali seperti semula. Hal ini mengakibatkan baterai smartphone kalian menjadi drop.

3. Mengecas Sampai 100%

Hal ini juga sama bahayanya dengan mengecas pada kondisi 0%. Banyak yang beranggapan bahwa mengecas baterai smartphone harus sampai penuh (100%) namun hal itu salah besar. Mengecas smartphone sampai 100% akan memperpendek masa umur baterai smartphone kalian. Lebih baik cas smartphone hingga 80% atau 90%. Karena kondisi terbaik dari baterai smartphone berkisar antara 80%-40%.

4. Terlalu Sering Mengecas Menggunakan Powerbank

Terlalu sering mengisi baterai menggunakan Powerbank juga tidak baik untuk kesehatan baterai smartphone. Alangkah baiknya kalian menghindari pengisian baterai menggunakan baterai kecuali pada keadaan yang sangat darurat.

5. Mengecas Sambil Dimainkan

Nah yang keempat ini pasti kalian sering melakukannya. Mengecas baterai sambil dimainkan akan membuat baterai smartphone cepat rusak dan drop apalagi jika bermain game sambil di cas. Smartphone yang dimainkan saat dicas akan membuat arus listrik yang masuk ke baterai menjadi tidak stabil sehingga baterai akan cepat mengalami kerusakan.

6. Tidak Menggunakan Kepala Charger Bawaan

Menggunakan kepala charger lain selain dari pabriknya juga akan membuat baterai smartphone cepat mengalami drop atau rusak. Hal ini terjadi karena arus pada baterai dan kepala charger yang kalian gunakan tidak sesuai.

Misalnya saja smartphone yang hanya bisa menerima daya listrik 1 Ampere dicas menggunakan kepala charger 2 Ampere. Hal ini akan membuat baterai smartphone mengalami kelebihan arus yang membuatnya cepat rusak. Alangkah baiknya menggunakan kepala charger bawaan pabrik atau bisa juga menggunakan kepala charger yang terjamin kualitasnya. Sekian artikel 5 Hal yang Dapat Membuat Baterai Smartphone Kamu Cepat Rusak/Drop. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5+ Hal yang Dapat Membuat Baterai Smartphone Kamu Cepat Rusak/Drop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel