>

Mengubah Powershell Menjadi Command Prompt (CMD) di Komputer

Cara Mengganti Powershell Menjadi CMD | Pihak Microsoft memperkenalkan sebuah Tool baru pada peluncuran Windows 7 dulu dan Tool tersebut terbawa hingga Windows 8 sampai dengan Windows 10 saat ini. Tool tersebut bernama Windows Powershell. Powershell hadir untuk menggantikan Windows Command Prompt (CMD).

Windows Powershell adalah Tool yang digunakan untuk mengetikkan perintah pada sistem operasi. Powershell memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Command Prompt (CMD) yang terlebih dahulu ada. Walaupun memiliki keunggulan dibandingkan dengan CMD, perintah pada Windows Powershell terbilang cukup sulit untuk pengguna awam. Karena alasan tersebut banyak orang yang ingin mengganti Powershell dan kembali menggunakan Command Prompt (CMD).

Cara Mengubah Windows Poweshell Menjadi Command Prompt (CMD) di Komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengganti Windows Powershell menjadi Command Prompt (CMD) khususnya untuk Windows 10. Namun sebelum itu mari kita bahas sedikit dulu tentang Windows Powershell ini.

Apa Perberdaan Windows Powershell dengan Command Prompt (CMD)?

Pada dasarnya Powershell sangat berbeda dengan Command Prompt. Powershell menggunakan perintah yang berbeda dengan CMD yang diberi nama dengan cmdlet. Banyak sekali tugas terutama untuk WMI (Windows Management Instrumentation) yang dapat dilakukan oleh Powershell namun tidak bisa dilakukan oleh Command Prompt (CMD). Hal ini termasuk ke dalam keunggulan Powershell terhadap CMD.

Baca juga: Cara Uninstall Software Komputer dengan Bersih dan Aman

Lebih tepatnya, Windows Powershell mencakup semua perintah di komputer kita sehingga perintah apapun bisa kita tulis di Powershell ini seperti halnya menggunakan sistem operasi Linux atau Unix kalian bisa dengan bebas menggunakan Powershell ini.

Sementara Command Prompt (CMD) hanya sebuah Tool untuk mengetikkan perintah DOS di komputer kalian. Jadi Windows Powershell ini jauh lebih terbuka dibandingkan dengan Command Prompt. Ada juga fitur lanjutan yang ada di Windows Powershell diantaranya:
  • Remote Execution of Tasks;
  • Background Tasks;
  • Task Automation;
  • Command Piping;
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun Windows Powershell terbilang lebih unggul dibandingkan dengan Command Prompt namun tetap saja perintah yang ada di Powershell jauh lebih sulit dimengerti terutama untuk kalian yang biasa menggunakan Command Prompt. Untuk itu, kalian bisa mengganti Powershell menjadi CMD menggunakan cara di bawah ini.

Cara Mengganti Powershell Menjadi CMD

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti Windows Powershell menjadi Command Prompt (CMD) pada komputer. Sebelumnya, cara ini hanya dapat digunakan untuk Windows 10 saja dan belum di coba untuk versi Windows lainnya baik Windows 7 ataupun Windows 8.

1. Pertama, unduh file CMD disini untuk menginstall Command Prompt.

2. Setelah di unduh kemudian Ekstrak file tersebut lalu cari file dengan nama cmd-here-windows-10 lalu klik kanan pada file tersebu dan pilih opsi Merge.

cara mengganti powershell menjadi cmd

3. Kemudian kalian akan dimintai akses untuk menginstall dan memasukkan Registry Command Prompt di komputer kalian. Klik yes untuk melanjutkan instalasi.

cara mengganti powershell menjadi cmd

4. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini.

cara mengganti powershell menjadi cmd

5. Selesai. Sekarang kalian bisa menggunakan Command Prompt pada Windows 10.

cara mengganti powershell menjadi cmd

Mengingat pada Windows versi terbaru ada yang mengalami masalah dimana tidak bisa menggunakan Command Prompt dan hanya bisa menggunakan Windows Powershell saja, cara ini sangat membantu kalian yang ingin kembali menggunakan Windows Powershell di komputer terutama yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Cara mengganti dari Powershell ke Command Prompt ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan orang awam sekalipun. Kalian hanya perlu menambahkan sebuah Registry untuk memanggil CMD di komputer kalian. Cara ini bisa kalian gunakan untuk semua versi Windows 10 dari mulai Windows 10 Pro, Enterprise, dan versi Windows 10 lainnya. Sekian artikel Cara Mengubah Windows Powershell Menjadi Command Prompt (CMD) di Komputer. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel.

Belum ada Komentar untuk "Mengubah Powershell Menjadi Command Prompt (CMD) di Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel