>

Cara Mengaktifkan Camera 2 Api di Semua HP dan Versi Android

Cara Aktifkan Kamera 2 Api di Android | Camera2Api atau Camera 2 Api merupakan sistem yang dibuat oleh Android dan sudah ada sejak munculnya generasi Android ke lima yaitu Android Lolipop. Sistem tersebut disematkan ke dalam sistem Android yang berguna untuk pemrosesan kamera.

Meskipun kini sudah zamannya Android 9.0 (Pie) ternyata masih banyak vendor yang masih belum atau bahkan tidak menyematkan Camera2Api ke dalam sistem di smartphone buatan mereka. Vendor seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Honor, dan Huawei masih enggan mengaktifkan Camera2Api di smartphone mereka. Hal inilah yang membuat kita para pengguna harus mengaktifkan sendiri Camera2Api.

Ini dia cara untuk mengaktifkan Camera2Api di semua smartphone Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Honor, Huawei dan semua versi Android mulai dari Lolipop, Marshmellow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Cara Mengaktifkan Camera 2 Api di Semua HP dan Versi Android

Sebelum membahas mengenai cara untuk mengaktifkan Camera2Api di smartphone, mari kita bahas sedikit dulu tentang apa itu Camera2Api dan apa manfaatnya pada kamera smartphone jika kita mengaktifkannya.

Camera2Api sangat berguna terhadap kualitas dari sebuah kamera smartphone. Ada beberapa keuntungan yang kita dapat jika mengaktifkan fitur Camera2Api di smartphone kita. Ini dia beberapa keuntungan mengaktifkan Camera2Api:
  • Manual Fokus
  • Manual ISO
  • Manual Shutter Speed
  • Manual White Balance
  • dan masih banyak keuntungan lainnya.

Selain keuntungan-keuntungan di atas kalian juga bisa menginstall beberapa aplikasi kamera pihak ketiga yang membutuhkan Camera2Api seperti halnya Google Camera, Instant Camera, dan aplikasi kamera lainnya.

Tanpa basa basi lagi, ini dia cara mengaktifkan Camera2Api di smartphone Android.

Cara Aktifkan Camera2Api di Android

Berikut beberapa syarat sebelum mengaktifkan Camera2Api.

Berikut Caranya.

1. Pertama download aplikasi Root Exploler lalu cari build.prop pada system/build.prop.

2. Kemudian klik pada icon titik tiga lalu pilih opsi "Open in text editor".

cara mengatifkan camera2api

3. Setelah file terbuka, scroll ke bagian paling bawah lalu tambahkan kode di bawah ini.
persist.camera.HAL3.enabled=1
Terakhir klik "Save" lalu restart smartphone kalian.

cara mengatifkan camera2api

Download aplikasi Camera compability untuk mengecek apakah Camera2Api sudah aktif atau belum aktif. Jika sudah aktif maka semua akan ceklis hijau. Jika ada yang masih ceklis merah berarti Camera2Api masih belum aktif dan harus diaktifkan kembali menggunakan cara yang sama atau cara lain.

Setelah Camera2Api sudah aktif, kalian bisa menginstall kamera pihak ketiga sehingga hasil kamera pada smartphone kalian akan jauh lebih meningkat ketimbang sebelumnya. Dengan mengaktifkan Camera2Api juga kalian bisa mengaktifkan mode malam di Google Camera.

Mengedit build.prop seperti yang dilakukan di atas mempunyai resiko yang besar. Jika salah smartphone kalian akan Bootloop atau bisa mati total. Lakukan cara di atas apabila kalian sudah yakin akan berhasil. Situs ini tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan. DWYOR!!!

Sekian artikel cara mengaktifkan Camera2Api di semua Android. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Camera 2 Api di Semua HP dan Versi Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel