5 Cara Mengisi Daya (Charge) HP Jadi Lebih Cepat Penuh

Cara Cas Smartphone Lebih Cepat | Setiap hari, kita tidak lepas dari smartphone. Salah satu kegiatan rutin saat menggunakan smartphone adalah mengisi daya dari baterai smartphone tersebut. Mengisi daya pada smartphone biasa disebut dengan istilah Mencharge/Mengecas. Mengecas smartphone membutuhkan waktu yang terbilang lama. Namun ada beberapa trik atau cara yang dapat membuat pengisian baterai pada smartphone jadi lebih cepat.

Mengecas smartphone biasanya akan memakan waktu yang tidak sebentar. Minimal 1 jam untuk smartphone yang mendukung fitur Fast Charhing dan 2 jam untuk smartphone yang belum mendukung fitur Fas Charging. Tahukah kalian ada cara sederhana yang dapat kalian lakukan agar mengecas baterai smartphone jadi cepat terisi penuh. Ingin tahu caranya?

Cara Mengisi Daya (Charge) Smartphone Jadi Lebih Cepat Penuh

Bagaimana cara mengecas agar lebih cepat penuh? Ini dia 5 cara untuk membuat charging smartphone kamu jadi jauh lebih cepat penuh ketimbang biasanya.

Cara Charging Agar Lebih Cepat Penuh


1. Gunakan Charger ber-Ampere Besar

Charger atau lebih tepatnya kepala charger berperan penting dalam pengisian baterai khususnya di smartphone. Kepala charger berguna untuk menghantarkan listrik ke dalam baterai smartphone dengan daya yang disesuaikan.

Ada beberapa charger yang ada di pasaran. Pilihlah charger dengan Output minimal 5V/2A. Kalian bisa melihat info output dan input pada bagian label di kepala charger tersebut. Semakian besar tegangan output, maka daya listrik yang diberikan jadi lebih besar sehingga mengecas jadi lebih cepat.

Namun perlu diketahui, tidak semua smartphone mendukung charger dengan output 5V/2A. Ada beberapa smartphone lawas yang hanya mendukung penerimaan daya sebesar 1A saja.

2. Gunakan Mode Pesawat

Menggunakan mode pesawat pada saat pengisian daya smartphone sangatlah penting. Seperti yang kita tahu smartphone setiap saat mencari sinyal jaringan. Dalam mencari sinyal jaringan smartphone kalian ternyata membutuhkan daya yang cukup besar.

Dengan menggunakan mode pesawat ini, smartphone kalian tidak akan mencari sinyal jaringan sehingga dayanya tidak dikuras hanya untuk mencari sinyal. Kalian bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara menarik bilah notifikasi dan cari "Mode Pesawat/Airplane Mod" lalu aktifkan fitur tersebut.

3. Matikan Smartphone

Saat smartphone kalian tidak digunakan sebaiknya matikan smartphone saat melakukan pengisian daya. Hal ini karena untuk memaksimalkan daya yang masuk pada saat charge dan dayanya tidak terbuang saat smartphone diaktifkan.

Cara ini adalah cara yang paling sering saya lakukan. Apalagi jika baterai smartphone dibawah 10% dan dimatikan saat dicas. Mengecas jadi terasa lebih cepat. Selain dapat membuat baterai cepat penuh cara ini juga dapat membuat baterai di smartphone kalian awet dan tahan lama.

4. Jangan Gunakan Smartphone Saat Mengisi Daya

Jangan menggunakan smartphone saat melakukan pengisian daya jika kalian tidak ingin proses pengisian daya jadi lambat. Smartphone yang digunakan pada saat melakukan pengisian daya sangat tidak dianjurkan. Apalagi jika digunakan untuk bermain game.

5. Matikan Background Aplikasi

Yang terakhir adalah mematikan Background aplikasi di smartphone kalian. Banyak aplikasi sekarang ini yang diam-diam menghabiskan daya baterai smartphone kalian. Ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kalian.

Aplikasi sosial media dan chatting menjadi aplikasi yang paling sering menghabiskan baterai smartphone. Mematikan aplikasi latar belakang dapat kalian lakukan dengan cara pergi ke pengaturan dan pilih pengaturan memori.

Cari aplikasi yang berjalan secara otomatis lalu paksa berhenti.

Sekian artikel 5 cara cas smartphone jadi lebih cepat penuh. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Mengisi Daya (Charge) HP Jadi Lebih Cepat Penuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel