Tutorial Reset Printer Canon yang Error Setelah Isi Ulang Tinta

GADGETINOW | Pernahkah kalian mengalami mesin printer yang error saat setelah mengisi ulang tinta? Hal ini sering terjadi khususnya pada printer merk canon, para pengguna printer seringkali mengalami mesin print yang error dan tidak bisa digunakan tepat setelah mengganti ataupun mengisi ulang tinta.

Masalah error pada printer canon bisa dengan mudah diatasi dengan mereset printer. Ada beberapa cara mereset ulang printer cannon yang error setelah diisi ulang tinta. Simak artikel ini untuk melihat tutorial cara reset printer merk canon yang error setelah isi ulang tinta.

Tutorial Reset Printer Canon yang Error Setelah Isi Ulang Tinta

Salah satu merk printer yang paling banyak digunakan saat ini adalah canon. Canon sendiri telah menjadi merk printer yang cukup lama dan sangat banyak diminati oleh masyarakat. Printer canon sangat laris di pasaran bahkan menjadi printer yang paling laris saat ini khususnya di Indonesia.

Meskipun harganya yang terbilang murah, printer merk canon memiliki hasil cetakan yang cukup baik bahkan bila dibandingkan dengan printer dengan harga yang lebih mahal. Cetakan print dari printer merk canon terkenal dengan hasil cetakan yang bagus baik dari segi warna maupun resolusi.

Salah satu kelemahan dari printer merk canon ini adalah harga catridge yang mahal. Tak hanya canon, masih banyak printer lainnya yang menggunakan catridge. Apa itu catridge? Catridge adalah wadah untuk menampung tinta pada mesin printer.

Daripada mengganti catridge baru yang harganya terbilang tinggi, para pengguna printer canon lebih memilih mengisi ulang tinta (refill) ketimbang mengganti catridge yang baru.

Hal inilah yang membuat printer canon sering mengalami error. Error pada printer canon biasa muncul tiap kali kita mengisi ulang tintanya. Adapun beberapa error yang sering dialami setiap kali mengisi ulang tinta pada printer canon.
  • Printer tidak bisa digunakan meskipun indikator ON sudah menyala.
  • Muncul notifikasi tinta kosong padahal tinta barusan diisi.
  • Muncul notifikasi printer offline.
  • Catridge tidak terdeteksi.
  • Indikator resume berkedip-kedip.
  • dan masih banyak lagi.

Apakah kalian pernah mengalami salah satu dari beberapa masalah di atas? Jika iya, saya akan memberikan solusi untuk kalian yang mengalami masalah printer yang error khususnya untuk printer canon.

Cara Reset Printer Canon Setelah Mengisi Ulang Tinta

Salah satu cara mengatasi error pada mesin printer adalah dengan cara mereset ulang printer yang error tersebut. Khusus kali ini, saya akan memberikan tutorial cara lengkap untuk mereset printer canon.

Ada 2 (dua) cara untuk mereset printer canon yaitu dengan cara tanpa software, menggunakan software resetter. Ingin tahu lebih lengkap? Ini dia cara lengkap untuk reset printer canon.

1. Reset Printer Canon Tanpa Menggunakan Software

Cara yang pertama ini adalah cara reset printer canon paling mudah. Cara ini yang paling sering saya lakukan saat mengalami error pada printer canon. Cara ini tidak membutuhkan software sama sekali. Ini dia caranya.
  1. Buka software MS Word atau bisa juga menggunakan software lainnya yang penting ada fitur untuk print.
  2. Lakukan proses print sampai muncul notifikasi peringatan bahwa tinta sudah habis.
  3. Setelah muncul peringatan, tekan tombol "Resume" pada mesin print dan tahan selama 5 detik sampai lampu indikator tidak berkedip lagi.
  4. Mesin print akan melakukan proses printing, namun hasilnya kosong karena tinta pada printer kosong.
  5. Tunggu hingga proses printing selesai selanjutnya lakukan proses Deep Cleaning dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL+P, pilih Properties > Maintenance > Cari Deep Cleaning. Lakukan Deep Cleaning kemudian cetak hasilnya.
  6. Sekarang coba lakukan proses print seperti biasa.
  7. Selesai.

Jika sudah ada gambar dan tulisannya yang tercetak berarti sudah normal. Jika belum, kalian bisa melakukan reset menggunakan software seperti cara di bawah ini.

2. Reset Printer Canon Menggunakan Software Resetter

Cara yang kedua adalah dengan cara mereset printer canon menggunakan software yang bernama resetter. Ini dia caranya.

Sebelum menggunakan software resetter, terlebih dahulu kalian harus masuk ke dalam mode service terlebih dahulu.
  1. Matikan mesin print dan biarkan semua kabel terpasang.
  2. Tekan tombol "Resume" selama kurang lebih 2 detik terlebih dahulu lalu tekan tombol "Power" keduanya ditekan secara bersamaan (tidak ada yang dilepas) hingga printer menyala yang ditandai indikator lampu berwarna hijau.
  3. Lepaskan tombol "Resume" namun tombol "Power" tetap ditekan.
  4. Dalam keadaan tombol "Power" yang masih ditekan, tekan tombol "Resume" sebanyak 5 kali hingga indikator lampu menyala bergantian dari hijau ke orange dan diakhiri dengan warna orange.
  5. Lepaskan kedua tombol.
  6. Akan muncul notifikasi bahwa printer kalian terdeteksi sebagai perangkat baru di PC/Laptop kalian.
  7. Sekarang kalian telah berhasil masuk dalam mode service.

Setelah itu, download software resetter di bawah ini.

Servicetool_V1074.exe

Lalu ikuti cara di bawah ini untuk reset menggunakan software resetter.

Tekan secara berurutan.
Klik Main > EEPROM Clear > EEPROM.

cara reset printer cannon menggunakan software resetter terbaru

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mereset printer merk canon.

Kedua cara diatas dapat kalian lakukan tiap kali kalian mengalami masalah printer yag error dan tidak bisa digunakan setelah mengisi ulang tinta. Saya pribadi lebih sering menggunakan cara reset printer canon tanpa menggunakan software karena lebih simpel dan mudah dilakukan.

Jika kalian lebih suka menggunakan software, kalian akan melakukan dua kali kerja karena kalian harus masuk ke mode service terlebih dahulu baru kemudian bisa menggunakan software resetter ini.

Sekian artikel tutorial reset printer canon yang error setelah isi ulang tinta. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Reset Printer Canon yang Error Setelah Isi Ulang Tinta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel