>

VGA Bekas Gaming vs VGA Bekas Mining, Mana yang Lebih Baik?

GADGETINOW | VGA merupakan komponen PC yang harganya melonjak naik dari tahun kemarin dan akan terus naik karena kebutuhan konsumen meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadikan para PC Builder (sebutan untuk orang yang sering merakit PC) harus pintar memilih harga VGA yang murah. Salah satu cara mencari VGA dengan harga yang murah adalah dengan cara membeli VGA second atau bekas.

VGA bekas dibagi menjadi 2 yaitu VGA bekas gaming dan VGA bekas mining. Kenapa cuman dibagi menjadi dua kategori? Karena kegunaan VGA jika bukan buat memainkan game ya untuk mining. Nah, untuk kalian yang sedang berburu VGA second atau bekas kalian harus memperhatikan apakah VGA tersebut bekas gaming ataupun bekas mining.

memilih vga bekas yang baik dan benar

Siapa yang tidak kenal dengan istilah VGA? Semua orang yang tahu tentang komputer pasti sudah tidak asing mendengar nama komponen ini. VGA atau biasa dikenal dengan GPU merupakan komponen dalam PC yang berguna untuk pengolahan grafis. Ada dua jenis VGA yaitu ekcternal dan internal (diskrit). Yang akan kita bahas kali ini adalah VGA eksternal.

VGA eksternal mempunyai kegunaan dan fungsi yang jauh lebih baik ketimbang VGA internal/VGA diskrit. Apa itu VGA diskrit? VGA diskrit merupakan VGA yang ditanamkan atau bawaan dari CPU yang performanya jauh di bawah VGA eksternal.

Kembali ke pokok pembahasan. Mending beli mana sih antara VGA bekas gaming dan VGA bekas mining? Ini dia pembahasan singkatnya.

Baca juga:

Perbandingan VGA Bekas Gaming dan VGA Bekas Mining


Ada beberapa aspek yang membedakan antara VGA untuk game dan VGA untuk mining. Inilah dia penjelasan singkat tentang memilih VGA bekas yang baik dan benar sebelum kalian memutuskan untuk membeli VGA bekas.

VGA Ex Gaming/Bekas Gaming


VGA gaming

Jika dibandingkan menurut teori, VGA bekas gaming memiliki kualitas yang jauh lebih baik ketimbang VGA bekas mining. Mengapa demikian? Karena VGA bekas gaming hanya dipakai untuk memainkan game yang tidak sepenuhnya menguras semua performa dari si VGA.

VGA yang hanya digunakan untuk keperluan bermain game memiliki umur yang jauh lebih panjang ketimbang VGA bekas mining karena VGA bekas game digunakan fulload hanya saat membuka game dan jika tidak bermain game VGA tersebut akan kembali ke kondisi awal (idle).

Namun apakah semua VGA bekas gaming lebih baik dari VGA bekas mining?

Belum tentu!!! Kalian juga harus memperhatikan beberapa aspek penting lainnya seperti lama penggunaan, game apa saja yang dimainkan, PSU apa yang dipakai, dan yang terpenting adalah garansi.

Kalian sendiri juga harus pintar-pintar memilih VGA bekas gaming yang bagus untuk dibeli dengan memperhatikan aspek-aspek tadi.

VGA Ex Minging/VGA Bekas Mining


VGA mining

VGA bekas mining merupakan VGA bekas yang sudah dipakai dan dijual kembali oleh para miners (orang yang menambang mata uang digital). Sekarang banyak sekali miners yang menjual kembali VGA mereka setelah sudah sekian lama disiksa untuk keperluan mining.

Kenapa saya bilang disiksa? Karena dalam kegiatan menambang uang mata digital ini si VGA dipaksa untuk terus-terusan mengeluarkan semua performanya untuk menambang (mining).

VGA yang terus menerus dipakai untuk mining inilah yang membuat VGA bekas mining kurang diminati karena mereka menyangka kalau VGA bekas mining akan lebih cepat rusak ketimbang VGA bekas gaming.

Tapi kita tidak boleh mengambil kesimpulan bahwa semua VGA bekas mining akan lebih cepat rusak. Banyak VGA sekarang yang memiliki fitur down-clock akan membuat VGA berjalan dibawah dari standar performanya.

VGA bekas mining ini biasa dijual di pasaran dengan harga jauh lebih murah ketimbang VGA bekas gaming dan sangat mudah untuk mendapatkan VGA bekas mining ini karena banyak sekali yang menjualnya di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan toko online lainnya.

Kesimpulan


Setelah membahas kedua VGA bekas yaitu VGA bekas gaming dan VGA bekas mining, kini kita masuk ke kesimpulan. Mana yang terbaik antara kedua jenis VGA bekas tersebut? Tetap saja tidak pilihan ada di tangan kalian.

Kalian harus pintar untuk membedakan mana VGA yang masih mempunyai performa baik dan mana yang memiliki performanya sudah menurun dengan memperhatikan aspek seperti lama penggunaan, PSU yang digunakan, dan tentu saja lamanya masa garansi.

Sekian artikel tips membeli VGA bekas dan perbandingan antara VGA gaming dan VGA mining. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "VGA Bekas Gaming vs VGA Bekas Mining, Mana yang Lebih Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel