Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi Menggunakan Mi Unlock

GADGETINOW | Halo keluarga besar MI FANS! Kali ini, saya akan membagikan cara untuk Unlock Bootloader semua tipe Xiaomi mulai dari Redmi 3, Redmi 3 Pro, Redmi 3s, Redmi 4, Redmi 4 Prime, Redmi 4a, Redmi 5a, hingga seri terbaru seperti Redmi 5, Redmi 5 Pro, Redmi Note 5, MI A2, MI A2 Lite, dan Pocophone F1 menggunakan Mi Unlock.

Mengunlock Bootloader bagi sebagian smartphone Xiaomi sangatlah penting untuk kebutuhan Flashing, pasang TWRP, dan lainnya. For Your Information yang membutuhkan Unlock Bootloader hanya beberapa HP Xiaomi resmi saja. Karena beberapa smartphone Xiaomi yang garansi distributor biasanya sudah Unlock Bootloader dari sananya.

bootloader xiaomi

Bagi para pengguna baru Xiaomi, pasti kalian belum tahu apa itu Bootloader bukan?

Apa Itu Bootloader?

Bootloader adalah semacam kode atau petunjuk awal untuk memulai sebuah sistem operasi(OS) atau kernel. Tanpa adanya Bootloader ini, sistem operasi pada smartphone tidak akan bisa berjalan.

Setelah memahami arti dari Bootloader. Kalian juga harus mengetahui tentang Lock dan Unlock Bootloader. Pada dasarnya, Bootloader pada sebuah smartphone dalam keadaan terkunci dari pabriknya sehingga para pengguna tidak bisa mengulik sistem pada smartphone tersebut.

Nah, untuk bisa mengoprek sistem yang ada pada smartphone, kita perlu mengunlock Bootloader sistem dari suatu smartphone.

Keuntungan Unlock Bootloader


Berikut adalah beberapa keuntungan Unlock Bootloader:
  1. Flashing: memungkinkan kalian bisa mem Flash smartphone kalian sendiri apabila terjadi masalah yang tidak diinginkan tanpa perlu pergi ke konter
  2. TWRP: TWRP merupakan Recovery custom yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah proses Root, padang Rom, dan lain sebagainya
  3. Root: kalian bisa dengan mudah me-rooting smartphone kalian apabila melakukan Unlock Bootloader

Xiaomi merupakan Brand smartphone yang memiliki Bootloader dalam keadaan terkunci. Kalian harus mengunlock Bootloader Xiaomi apabila ingin Flash, pasang TWRP, ataupun Root pada smartphone Xiaomi.

Untuk kalian pengguna baru Xiaomi dan belum mengetahui cara Unlock Bootloader Xiaomi menggunakan Mi Lock, simak tutorialnya dibawah ini.

NOTE: CARA INI AKAN MENGHAPUS SELURUH DATA PADA SMARTPHONE, SEGALA RESIKO DITANGGUNG SENDIRI DWYOR!!!

Cara Unlock Bootloader Xiaomi


Unlock Bootloader Xiaomi Menggunakan PC


Bahan-bahan:
  • PC/Laptop
  • Koneksi Internet
  • Akun Mi
  • Smartphone Xiaomi

Langkah-langkah:

#Langkah 1
Pertama, masuk ke website untuk unlock disini https://en.miui.com/unlock/ Setelah masuk, klik pada "Unlock Now"

  
#Langkah 2
Setelah itu, kalian akan diminta memasukkan akun Mi kalian. Jika belum mempunyai Mi Account kalian bisa membuatnya disini (Cara Membuat Mi Account Dengan Mudah).

BACA: Cara Mendaftar Akun MIUI Designer

#Langkah 3
Setelah berhasil memasukkan akun, akan muncul pilihan untuk mengunduh Mi Unlock. Klik download.


#Langkah 4
Install software tersebut pada PC/Laptop.

#Langkah 5
Setelah itu, buka menu Developer Setting di smartphone Xiaomi kalian dengan cara (setelan - tentang telepon - versi MIUI klik sebanyak sampai muncul notif bahwa opsi pengembang berhasil diaktifkan) untuk membuka opsi pengembang di smartphone Xiaomi.

#Langkah 6
Selajutnya nyalakan Debugging USB dengan cara  pergi ke setelan tambahan - opsi pengembang - USB Debugging on - OEM Unlocking on.

#Langkah 7
Lanjut ke bagian Unlock Status. Buka Unlock Status dengan cara pergi ke (setelan - opsi pengembang - Mi Unlock status) lalu klik tambahkan akun dan perangkat lalu isi dengan akun yang sama ketika didaftarkan di website Unlock Bootloader tadi.

#Langkah 8
Jika berhasil maka akan ada notifikasi bahwa kalian telah berhasil menambahkan akun di perangkat Xiaomi kalian.


#Langkah 9Selanjutnya, buka kembali PC/Laptop kamu.

#Langkah 10
Matikan smartphone Xiaomi kamu lalu hubungkan menggunakan kabel USB dan hidupkan dalam mode Fastboot dengan cara tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan.

#Langkah 11
Jika berhasil, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.


#Langkah 12
Buka software Mi Unlock yang tadi kalian install lalu pilih Unlock.



Gambar diatas adalah tampilan jika kalian berhasil mengunlock Bootloader yang ada pada smartphone Xiaomi. Jika gagal, kalian bisa mengunggu selama 72 jam atau lebih baru ulangi cara diatas.

Cara Unlock Bootloader seperti cara di atas dapat kalian lakukan di MIUI 7, MIUI 8, MIUI 9 hingga MIUI 10. Jika kalian merasa kurang percaya diri untuk Unlock Bootloader sendiri ada baiknya untuk membawa ke konter yang menyediakan jasa tersebut. Sekian artikel cara Unlock Bootloader Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi Menggunakan Mi Unlock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel