5 Cara Cek iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika) Serta Perbedaannya

GADGETINOW | iPhone dan iPad merupakan produk smartphone dan tablet buatan Apple yang paling sering kita temui produk palsunya terutama untuk iPhone. Sekarang ini, banyak sekali tersebar iPhone palsu yang dijual di pasaran entah itu KC (King Copy) maupun HDC yang biasa disebut dengan iPhone replika.

iPhone KC dan HDC semakin lama semakin mirip dengan iPhone aslinya. Hal ini lah yang seringkali membuat kita was-was saat membeli iPhone. Bagi yang belum tahu pasti akan sulit membedakan iPhone original atau yang asli dengan iPhone palsu. Bagaimana cara cek keaslian iPhone? Simak artikel berikut ini.

cek iphone asli

Smartphone dengan harga yang murah tentu sangat menggoda bukan? Apalagi jika yang dijual murah adalah smartphone kelas atas yaitu iPhone. Pasti kita akan dibuat ingin membeli smartphone tersebut. Namun jangan tergiur dengan harga yang murah tersebut apalagi jika yang dijual murah adalah iPhone.

Kita patut mewaspadai smartphone yang dijual tersebut. Pasalnya banyak sekali kasus yang melaporkan mendapati iPhone palsu yang biasanya dijual oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan mengaku menjual iPhone original namun dengan harga yang tidak masuk akal.

Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk cek keaslian iPhone sebelum tergoda untuk membeli.

Cara Cek Keaslian iPhone


Setidaknya ada lima cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek apakah iPhone tersebut benar-benar original atau iPhone replika. Ini dia caranya.

1. Perhatikan Harga


Yang paling penting adalah harga. iPhone sendiri dikenal mempunyai harga yang tinggi jika dibandingkan dengan ponsel lainnya. Jika kalian mendapati ada yang menjual iPhone dengan harga yang tidak masuk akal, kalian patut curiga.

harga iPhone baru 2019

Berikut beberapa daftar harga iPhone baru saat ini:

  • Apple iPhone 6 Rp 6.000.000 - Rp 6.500.000
  • Apple iPhone 6s Rp 6.800.000 - Rp 7.500.000
  • Apple iPhone 7 Rp 9.000.000 - Rp 10.000.000
  • Apple iPhone 8 Rp 10.000.000 - Rp 13.000.000
  • Apple iPhone X Rp 13.000.000 - Rp 16.000.000
  • Apple iPhone XS Rp 14.000.000 - Rp 18.000.000
  • Apple iPhone XS Max Rp 19.000.000 - Rp 23.000.000
  • Apple iPhone XR Rp 11.000.000 - Rp 14.000.000

Patokan harga iPhone di atas merupakan harga baru. Jika ada yang menjual iPhone baru dengan harga yang sangat jauh dari patokan di atas, misalnya saja ada yang menjual 1 unit iPhone X varian 64GB dengan harga 2 Juta maka bisa dipastikan bahwa penjual tersebut tidak jujur.


2. Cek Body iPhone


cek fisik iPhone original

Cara yang kedua adalah mengecek bentuk fisik dari iPhone. Ponsel iPhone asli, memiliki Build Quality yang solid dan mempunyai bahan yang enak sangat dipegang.

Selain material yang digunakan perhatikan juga tombol seperti tombol volume, tombol power, tombol silent, atau tombol fisik lainnya. Tombol fisik original iPhone sangat clicky sehingga enak untuk dipencet.


3. Cek App Store


cek keaslian iPhone dengan membuka menu app store

Cara yang ketiga untuk mengecek keaslian jika kalian sudah terlanjur membeli adalah dengan mengecek App Store. Jika iPhone asli, sudah jelas ada menu App Store dan bisa digunakan dengan lancar.

Namun jika iPhone palsu, biasanya jika kita menekan menu App Store yang akan muncul adalah Playstore. Hal ini terjadi karena iPhone palsu memiliki OS berbasis Android dan bukan IOS.

4. Hubungkan ke iTunes


cara cek iphone asli lewat itunes

Cara keempat untuk mengecek keaslian iPhone adalah melalui menghubungkan iPhone kalian ke iTunes. Jika iPhone tersebut benar-benar Original, iPhone akan dengan mudah untuk terhubung ke iTunes di PC/Laptop kalian.

Sebaliknya, jika iPhone kalian ternyata tidak bisa terdeteksi di iTunes. Sudah jelas jika iPhone kalian tersebut merupakan iPhone palsu alias replika.

5. Cek Masa Garansi iPhone Melalui IMEI


cara cek garansi iPhone asli

Cara cek keaslian iPhone yang terakhir adalah melalui nomor serial atau IMEI. IMEI biasa terletak di tempat seperti body belakang, box bawaan, dan sim tray iPhone. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah.

BACA: Cara Mengetahui IMEI iPhone

Berikut cara cek keaslian iPhone dengan cara cek masa garansi:

  1. Setelah mengetahui nomor IMEI di iPhone kalian, lalu buka Browser dan masuk ke Situs Web Apple.
  2. Ketikkan nomor serial atau IMEI yang tertera pada kolom yang disediakan.
  3. Isi Capthca jika tersedia.
  4. Terakhir klik "Continue".

Kesimpulan


Zaman sekarang semakin marak yang menjual iPhone palsu alias replika. Setelah membaca artikel ini, sekarang kalian bisa dengan mudah untuk membedakan mana iPhone asli dan mana iPhone yang palsu.

Jika ingin membeli iPhone yang jelas original, lebih baik kalian membeli iPhone di toko distributor Apple resmi seperti iBox, Infinite, Story-I, dan lain lainnya. Sekian artikel cara cek iPhone yang asli. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Cek iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika) Serta Perbedaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel