Perbedaan Jenis Layar TFT, IPS, AMOLED, dan OLED, Mana Yang Terbaik?

GADGETINOW | Tahukah kalian jika jenis layar pada smartphone berbeda-beda? Pada saat ini setidaknya yang kita kenal ada 4 (empat) jenis layar pada smartphone yaitu TFT LCD, IPS, AMOLED, dan OLED. Keempat jenis layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kebanyakan HP saat ini menggunakan layar berjenis IPS. Namun tidak jarang juga ada juga yang menggunakan jenis layar lainnya. Ingin tahu perbedaan dari jenis layar pada smartphone serta kelebihan dan kekurangannya? Simak artikel berikut ini.

kekurangan dan kelebihan jenis layar smartphone

Seperti yang kita tahu, kebanyakan smartphone saat ini memiliki layar berjenis IPS. Walaupun banyak namun tak semuanya menggunakan layar tersebut. Ada beberapa produsen yang memilih menggunakan layar buatan mereka sendiri seperti samsung yang menggunakan layar berjenis Amoled kebanggaan mereka.

Layar IPS dan AMOLED tidak jauh beda saat dipandang. Keduanya mempunyai view angle yang sama-sama baik dan warna yang terlihat vibrant. Selain kedua layar tersebut, beberapa tahun lalu muncul sebuah layar yang disebut dengan jenis layar OLED.

IPS, AMOLED, dan OLED. Ketiganya merupakan layar yang mempunyai akurasi warna yang baik ketimbang jenis layar TFT LCD. Ya, layar TFT mempunyai gambar dan view angle yang buruk. Maklum saja karena layar jenis TFT ini adalah teknologi untuk jenis layar yang paling lama.

Walaupun merupakan teknologi yang terbilang lama dan paling petama, layar TFT LCD masih sering digunakan sebagai jenis layar pada monitor PC/Laptop. Hal ini karena harga dari TFT LCD terbilang paling murah ketimbang jenis layar lainnya.

BACA: Cara Menghilangkan Goresan Pada Smartphone

Keempat layar yang akan kita bahas kali ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang mempunyai warna lebih natural, ada yang mempunyai sensitivitas sentuh yang baik, ada yang lebih hemat daya, dan bermacam kelebihan lainnya.

Untuk kalian yang masih bingung tentang perbedaan serta kelebihan layar jenis TFT, IPS, AMOLED, dan OLED. Simak perbandingannya di bawah ini.

Perbedaan Jenis Layar TFT, IPS, AMOLED, dan OLED


Ada beberapa perbedaan keempat jenis layar tersebut. Ini dia perbandingan keempat jenis layar (TFT LCD, IPS, Amoled, dan Oled):

TFT LCD


Image: Pixabay

TFT merupakan layar dengan jenis LCD (Liquid Crystal Display) sehingga layar jenis ini membutuhkan Backlight pada bagian belakang layar untuk menampilkan gambar. TFT sendiri adalah singkatan dari Thin Film Transitor.

Layar TFT LCD pertama kali digunakan sebagai layar pada televisi. Setelah laris menjadi layar paling banyak digunakan pada televisi, barulah TFT LCD merambah sebagai jenis layar pada benda elektonik lainnya seperti smartphone.

Kelebihan: Kelebihan dari TFT LCD adalah tingkat kecerahan yang cukup tinggi, harga yang relatif murah, ketahanan yang baik, dan mudah untuk didapatkan apabila layar TFT LCD sekarang yang kalian pakai rusak.

Kekurangan: Kekurangan dari layar TFT LCD adalah kontras yang kurang baik, view angle yang sempit, penggunaan energi yang besar, serta kurang bagus jika untuk dilihat di bawah sinar matahari.

IPS LCD


Image: Pixabay

Sama seperti pendahulunya, IPS juga merupakan jenis layar LCD (Liquid Crystal Display). Teknologi layar IPS mulai diperkenalkan lewat smartphone. Layar jenis ini mempunyai kontras yang jauh lebih baik ketimbang TFT LCD.

Layar IPS LCD banyak digunakan pada smartphone keluaran Apple, Xiaomi, Huawei, dan brand smartphone lainnya. Bahkan, hampir 70% semua smartphone sekarang ini menggunakan jenis layar yang satu ini.

Kelebihan: Kelebihan jenis layar IPS LCD adalah tingkat kecerahan yang baik, kontras yang baik, view angle yang luas, dan masih cerah jika digunakan di bawah terik sinar matahari.

Kekurangan: Kekurangan dari jenis layar IPS LCD adalah harga yang lebih tinggi ketimbang TFT LCD.

AMOLED


Image: Pixabay

Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode atau yang biasa dikenal dengan singkatan AMOLED. AMOLED merupakan teknologi jenis layar yang diciptakan oleh produsen smartphone besar yaitu Samsung. Samsung menciptakan sebuah teknologi layar smrtphone yang hemat daya serta memiliki akurasi warna yang gonjreeeng.

Karena layar jenis AMOLED tidak menggunakan lapisan tambahan, layar AMOLED ini adalah layar yang paling cerah serta dapat menghasilkan yang kaya akan warna dan tajam.

Tak hanya untuk smartphone buatan Samsung saja, AMOLED juga banyak digunakan oleh produsen smartphone lainnya. Walaupun kualitas layar AMOLED Samsung jelas masih lebih unggul.

Kelebihan: Kelebihan layar jenis AMOLED ini adalah view angle yang sangat luar, kontras gambar yang tinggi, hemat daya terutama jika menampilkan warna hitam, warna yang sangat cerah, dan sangat cocok digunakan dibawah terik sinar matahari.

Kekurangan: Kekurangan layar jenis AMOLED adalah harga yang sangat tinggi. Ya, layar ini mempunyai harga yang tinggi dan mahal. Jadi, saya menyarankan untuk berhati-hati agar tidak menimbulkan goresan pada layar smartphone.

OLED


Image: Pixabay

OLED adalah kependekan dari Organic Light Emitting Diode. Sama seperti jenis layar AMOLED, layar jenis OLED ini mempunyai kualitas warna yang baik serta view angle yang luas. OLED diperkenalkan pertama kali pada smartphone buatan LG.

LG mengadopsi layar OLED untuk dimasukkan dalam smartphone mereka. Tak hanya LG, Apple yang terkenal dengan harga produknya yang mahal juga menggunakan layar berjenis OLED di smartwatch mereka.

Kelebihan: Kelebihan layar OLED adalah view angle yang baik, kontras yang baik, gambar yang dihasilkan terkesan lebih naturan.

Kekurangan: Kekurangan dari layar jenis OLED sama seperti AMOLED yaitu harga yang mahal serta sulit untuk didapatkan di pasaran.

Mana Jenis Layar Terbaik?


Setelah panjang lebar membahas tentang berbagai jenis layar smartphone mulai dari TFT LCF, IPS, AMOLED, serta OLED. Kini kita sampai di kesimpulan. Mana yang terbaik diantara keempat jenis layar smartphone?

Jika ditanya yang terbaik maka jawabannya adalah layar berjenis AMOLED dan OLED. Selain mempunyai kontras yang tinggi, warna yang dihasilkan pun sangat cerah dan enak untuk dipandang. Namun, dibalik kelebihannya itu ada harga yang tinggi untuk dibayarkan.

AMOLED dan OLED mempunyai harga yang tinggi sehingga kita akan berfikir dua kali jika ingin membeli smartphone yang memiliki jenis layar tersebut. Demikian artikel perbandingan dan perbedaan jenis layar pada smartphone. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Jenis Layar TFT, IPS, AMOLED, dan OLED, Mana Yang Terbaik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel