Cara Optimasi Video YouTube Agar Ditonton Banyak Orang

GADGETINOW | Kali ini, saya akan sedikit membagikan trik untuk mendapatkan banyak penonton di YouTube dengan menggunakan beberapa cara optimasi. Optimasi video YouTube adalah cara yang biasa dilakukan oleh para YouTuber untuk mendapatkan banyak view di setiap video mereka.

Selain optimasi yang baik, sebenarnya masih banyak faktor lain yang mempengaruhi jumlah waktu menonton di YouTube. Para pemilik channel biasanya menggunakan jalan pintas dengan caramembuat konten yang sedang viral untuk mendapatkan banyak penonton di video mereka.

Namun hal itu bukanlah hal yang patut kalian tiru. Masih banyak cara lain yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan ratusan ribu bahkan hingga jutaan penonton video di YouTube. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan optimasi SEO di setiap video pada channel YouTube kalian.


Karena peraturan YouTube yang sekarang lebih ketat untuk meraih monetasi, Para YouTuber diharuskan memiliki 1000 jumlah Subscriber dan 4000 jam tayang untuk mendapatkan monetasi di channel mereka.


Mendapatkan 4000 jam tayang di YouTube bukanlah perkara yang mudah. Angka 4000 jam memanglah angka durasi yang sangat besar, namun meraih jumlah tayangan yang banyak tersebut tidaklah sulit.

BACA: Cara Live Streaming di YouTube

Kalian harus mengoptimisasi setiap video di channel YouTube kalian demi mendapatkan banyak jam tayang.

Yang saya maksud disini adalah optimasi SEO.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang bisa diartikan sebagai optimasi mesin pencari.

YouTube juga merupakan mesin pencari dimana para penonton bisa mencari berbagai macam video didalamnya.

Keuntungan dari optimasi video di YouTube ialah video kalian bisa masuk di daftar video pencarian teratas. Jika masuk ke pencarian teratas, otomatis video kalian akan memiliki banyak penonton.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk optimasi video di YouTube.

Cara Optimasi SEO YouTube


Gunakan Nama Video Sesuai Dengan Judul


Sebelum mengupload video ke channel YouTube kalian, kalian perlu mengganti nama video sesudah kalian edit. Ubahlah nama video tersebut sesuai dengan judul video yang akan kalian upload.

Kalian juga bisa menyisipkan berbagai macam kata kunci(keyword) di nama video kalian. Misal kalian ingin mengupload video YouTube dengan judul anak kucing terlucu. Maka kalian bisa mengganti nama video tersebut sebelum diupload dengan nama.

kucing-terlucu-dan-termanis.mp4

Ubah spasi menjadi tanda (-) untuk mengganti nama video di PC/Laptop/Smartphone kamu.

Buat Judul Video Yang Mengandung Kata Kunci


Sebelum kalian mengunggah/mengupload video di YouTube, perhatikan judul videonya. Pastikan judul video tersebut mengandung keyword untuk memudahkan para penonton untuk menemukan video kalian di pencarian.

Ubah judul dengan minimal menggunakan 2-3 kata kunci. Hal ini akan membuat video kalian mendapatkan posisi yang baik di pencarian YouTube.

Buat Deskripsi Video Yang Mengandung Kata Kunci


Yang ketiga dan tak kalah pentingnya adalah deskripsi di video YouTube. Kalian juga bisa memanfaatkan kolom deskripsi video untuk mengoptimasi video kalian.

Kalau bisa, pastikan ada judul di deskripsi kalian dan minimal terdiri dari beberapa kata. Buat deskripsi video yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Gunakan Tag Secukupnya


Tag pada video di YouTube memang tidak dibatasi setiap kali ingin mengupload video. Namun menggunakan tag yang terlalu banyak juga tidak bagus untuk video kalian. Gunakan tag secukupnya maksimal 10 tag dengan kategori yang seuai dengan video kalian.

Gunakan Thumbnail Yang Menarik


Thumbnail adalah bagian yang cukup penting namun tidak terlau berpengaruh. Thumbnail ini bisa dikatakan hanya sebagai alat untuk menggoda pengguna YouTube agar tertarik ketika melihat video kita.

Gunakanlah Thumbnail semenarik mungkin agar para penonton tertarik untuk mengklik video kalian saat muncul di pencarian YouTube.

Selain 5 cara diatas, kalian juga harus memperhatikan konten yang kalian buat. Karena sekarang YouTube bisa saja memblokir video yang mempunyai konten tidak layak dan dikenai sanksi berupa video yang tiba-tiba hilang yang biasa disebut dengan mode terbatas. Mode terbatas ini aktif secara tiba beberapa waktu lalu dan membuat para YouTuber menjadi panik karena beberapa video mereka hilang dari YouTube namun sekarang sudah normal kembali.

Demikian cara optimasi SEO video di YouTube untuk mendapatkan banyak penonton dan memenuhi 4000 jam tayang. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Optimasi Video YouTube Agar Ditonton Banyak Orang"

Posting Komentar