Pengertian Serta Macam-Macam Software Utility Windows

GADGETINOW | Kali ini, saya akan membahas apa itu Software Utility dan macam macam Software Utility. Software Utility merupakan perangkat lunak(software) yang mempunyai peran penting pada komputer kita.

Bisa dikatakan, Software Utility adalah sebuah software yang mempunyai fungsi dalam proses analisis maupun perawatan komputer.

Software Utility sangat dibutuhkan oleh komputer kita apabila terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi error atau kerusakan ringan lainnya.

Software Utility

Ada banyak jenis dan macam Software Utility pada komputer. Berikut adalah beberapa Software Utility yang paling banyak digunakan dan mempunyai fungsi yang cukup penting:

  • Antivirus
  • Archivers
  • Software Backup
  • Disk Defragment
  • Registry Cleaner

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini untuk lebih mengenal macam-macam Software Utility yang ada pada sebuah PC/komputer.

Macam-Macam Software Utility


1. Antivirus


Yang pertama ialah Antivirus, Antivirus tentu menjadi sebuah software wajib yang ada pada sebuah komputer terutama untuk OS Windows. Antivirus berperan penting dalam sebuah komputer karena fungsi utamanya adalah untuk menjaga komputer dari gangguan virus.

Software Utilities

Ada 2 macam jenis Antivirus, yaitu Antivirus versi gratis dan Antivirus versi berbayar(Premium).

Antivirus versi gratis contohnya: AVG dan SMADAV. Kedua Antivirus ini merupakan karya dalam negeri dan telah menjadi Antivirus gratis terbaik yang hampir dipakai oleh sebagian besar pengguna komputer tanah air.

Antivirus versi berbayar contohnya: BitDefender, Kaspersky, MCFee, Avast, dll. Antivirus berbayar ini tentu mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap ketimbang Antivirus versi gratis.

2. Archivers


Kedua adalah Archivers. Archivers sendiri berfungsi untuk mengarsipkan suatu file menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan berbagai format seperti Rar dan Zip. Kalian bisa menggabungkan banyak file dalam satu arsip menggunakan software Archivers ini.

jenis software utility

Ada beberapa software jenis Archivers yang banyak digunakan dan mempunyai ukuran yang terbilang ringan seperti: WinRAR, WinZIP, 7-Zip, dan lain sebagainya.

3. Software Backup


Sesuai namanya, jenis software ini berfungsi untuk membackup sebuah file yang ada pada komputer kita. Sofware Backup juga memiliki peran yang penting karena fungsinya adalah untuk mencadangkan suatu data pada komputer kita.

Jika kalian adalah seorang mahasiswa atau pekerja kantoran, biasakan untuk menggunakan software jenis ini untuk menyimpan file penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan misalnya kehilangan sebuah file yang penting.

4. Disk Defragment


Defragment adalah proses merapatkan piringan yang ada pada sebuah partisi Harddisk. Didalam sebuah Harddisk, terdapat suatu piringan yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer.

Piringan tersebut akan terus berputar saat komputer sedang digunakan. Piringan tersebut akan mengalami pelonggaran jika digunakan terus menerus dalam waktu yang lama.

Nah, Defragment ini berfungsi untuk merapatkan piringan tersebut agar kembali ke posisi semula. Untuk cara Defragment Harddisk, lihat caranya disini.

5. Registry Cleaner


Registry merupakan sebuah Database dalam sistem operasi. Database tersebut bisa saja error sewaktu waktu. Untuk itulah kita perlu membersihkan Registry dengan software seperti CCleaner atau lainnya.

Itulah dia 5 Macam Software Utility dan pengertiannya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Serta Macam-Macam Software Utility Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel