Perbandingan Antara HDD dan SSD Yang Perlu Kalian Ketahui

GADGETINOW | Harddisk atau biasa disingkat dengan HDD kini memiliki pesaing yaitu Solid State Drive atau disingkat dengan SSD yang menjadi media penyimpanan (terutama untuk PC) yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Namun, siapa sangka jika keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Inilah perbandingan dari HDD dan SSD!

HDD VS SSD

Sebelum muncul SSD, HDD telah menjadi tempat penyimpanan satu satunya dan paling utama pada perangkat komputer namun setelah kemunculan SSD, HDD semakin lama semakin digantikan. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, SSD adalah media penyimpanan yang jauh lebih cepat ketimbang HDD pada umumnya. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan lihat perbandingan antara HDD dan SSD dibawah ini.

Harga


Berbicara mengenai harga, SSD jauh lebih mahal ketimbang HDD biasa. Untuk SSD dengan kapasitas 120GB harganya sekarang 600-800 Ribu Rupiah tergantung merk apa yang kalian gunakan. Harga tersebut sama saja jika kita membeli sebuah HDD biasa dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 1TB/1000GB.

Disinilah yang saya sebutkan tadi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk para PC Builder dengan Budget minim, SSD bukanlah pilihan yang tepat untuk membuat sebuah rakitan PC dengan Budget yang sedikit.

Performa


Yang kedua ialah performa. Dari awal saya sudah menyebutkan bahwa SSD jauh lebih cepat ketimdang HDD atau Harddisk. Mengapa?

HDD VS SSD mana yang terbaik?

Sedikit penjelasan tentang jeroan HDD(Kiri) dan SSD(Kanan). Keduanya memiliki jeroan yang sangat jauh berbeda. Pada HDD, kita menemukan sebuah piringan mekanik yang bekerja dengan berputar seperti mesin pada motor. Piringan inilah yang bertugas menyimpan data pada Harddisk.

Sedangkan pada SSD, tidak ditemukan adanya piringan ataupun sistem mekanik lainnya. Didalam SSD, terdapat IC yang cara kerjanya hampir sama dengan SDcard. Dari alasan itulah SSD jauh lebih efisien dan memiliki kecepatan baca dan tulis yang berkali kali lipat lebih cepat ketimbang HDD.

Daya Tahan/Keawetan


Daya tahan atau keawetan dari sebuah Hardware komputer tentu menjadi hal yang tidak dapat dianalisis. Semua tergantung kepada perilaku pengguna kepada Hardware mereka sendiri. Namun secara teori, HDD lebih rawan rudak karena didalamnya terdapat piringan yang sangat rapuh apabila terkena guncangan atau benturan terhadap benda keras.

Berbeda dengan SSD, SSD tidak memiliki satu piringan pun didalam casingnya. Selain itu, bentuk SSD juga jauh lebih kokoh dan Slim sehingga saat jatuh atau terbentuk bukanlah menjadi masalah yang besar.

Kelebihan HDD:
  • Dapat menyimpan file dalam kapasitas yang bersar.
  • Harganya relatif lebih murah ketimbang SSD.
  • Mudah didapat ditoko komputer manapun.
  • Cocok untuk yang mengincar Budget Friendly.

Kelebihan SSD:
  • Performa jauh lebih cepat ketimbang HDD.
  • Cocok untuk yang Build PC dengan performa kencang.
  • Daya tahan/keawetan lebih terjamin ketimbang HDD.

Sesudah melihat kelebihan dari HDD dan SSD, kini kita lihat kekurangannya.

Kekurangan HDD:
  • Rawan rusak terhadap benturan.
  • Performa kalah jauh ketimbang SSD.
  • Suhu relatif lebih panas ketika digunakan.
  • Umurnya pendek.

Kekurangan SSD:
  • Harganya relatif lebih mahal ketimbang HDD.
  • Kapasitas yang didapatkan terbilang kecil untuk harganya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Antara HDD dan SSD Yang Perlu Kalian Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel