Penyebab dan Cara Mengatasinya Laptop Yang Sering Freeze/Hang

GADGETINOW | Masalah seperti Freeze/Hang/Program yang Not Responding pada sebuah laptop memang menjadi masalah yang paling sering muncul dan banyak dialami oleh para pengguna. Di artikel kali ini, saya akan memberikan cara untuk mengasi masalah Freeze atau Hang pada laptop,

Freeze dan hang pada laptop
Freeze atau Hang adalah keadaan dimana suatu laptop mengalami lag dan semua proses terhenti sesaat. Keadaan seperti ini tentu akan membuat penggunanya kesal. Masalah ini diakibatkan oleh beberapa faktor. Dibawah ini adalah penyebab penyebab laptop mengalami Freeze atau Hang.


PENYEBAB LAPTOP SERING FREEZE


Banyak sekali penyebab atau faktor yang membuat suatu laptop mengalami Freeze atau Hang saat menjalankan program. Berikut adalah penyebab utama yang mengakibatkan laptop sering Freeze dan Hang.

CPU FULL LOAD

Penyebab yang pertama ialah CPU yang megalalmi Full Load yang terus menerus. CPU sendiri adalah hardware yang berperan penting saat menjalankan suatu program. CPU menjadi otak inti dari suatu laptop. Jika CPU mengalami Full Load, semua proses akan menjadi lambat dan terkadang menimbulkan Freeze atau Hang.

RAM PENUH

Selain CPU, RAM juga berberan penting dalam menjalankan sebuah program pada laptop. RAM merupakan kependekan dari Random Access Memory yang fungsinya sangat fital untuk menjalankan sebuah program. RAM menjadi memory utama saat program dijalankan.

Jika memory RAM penuh, maka program apapun yang dijalankan pada laptop kamu akan mengalami lag.

HRDDISK PENUH

HDD atau Harddisk merupakan tempat menyimpan instalan atau file pada laptop. HDD menjadi tempat menyimpan semua data yang ada pada laptop. HDD sendiri memiliki beberapa kapasitas mulai dari 60GB, 120GB, 320GB, 500GB, Hingga yang berukuran ribuat giga(Tera Byte).

Karena fungsinya untuk menyimpan file, HDD akan mengalami penurunan performa saat memorinya sudah penuh. Jika memory penuh, jangankan program, semua sistem pada laptop kamu juga akan menjadi lag.

MENGATASI LAPTOP YANG SERING FREEZE/HANG


UPGRADE RAM

Karena fungsinya untuk menjalankan sebuah program, semakin besar kapasitas RAM makan akan semakin lancar pula laptop kamu karena kinerjanya didukung oleh kapasitas RAM yang lega. Apalagi, kebanyakan program saat ini membutuhkan kapasitas RAM yang tidak sedikit.

HAPUS APLIKASI YANG BERAT

Program atau aplikasi yang berat akan memakan banyak space pada RAM dan HDD di laptop kamu, Tak hanya itu, saat menjalankan program yang berat juga akan memaksa CPU untuk bekerja keras membuka program tersebut.

DEFRAGMENT HARDDISK

Karena dalam harddisk bentuknya adalah sebuah piringan, kamu wajib untuk mendefragment HDD laptop kamu minimal seminggu sekali untuk menjaga HDD dalam kondisi yang optimal.

Bagaimana cara defrag HDD?

Berikut adalah cara untuk mendefragment Harddisk.
  1. Buka start menu dan cari "Defragment and Optimize Drive".
  2. Buka dan jalankan program tersebut.
  3. Klik "Analyze" untuk menganalisa HDD apakah ada yang bermasalah atau tidak.
  4. Terakhir, klik "Optimize"
Mudah bukan? sekarang HDD di laptop kamu sudah teroptimisasi dengan cara mendefragment harddisk tersebut.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi laptop yang sering Freeze/Hang. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Semoga bermanfaat...!!!

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasinya Laptop Yang Sering Freeze/Hang"

Posting Komentar