Cara Mengatasi Hard Disk, Flashdisk, Micro SD Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename)

GADGETINOW | Saya pernah mengalami masalah tidak bisa me-rename harddisk di Laptop saya. Setalah saya browsing, akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain Harddisk, masalah tidak bisa rename ini juga ditemukan pada media penyimpanan lain seperti Flashdisk, Micro SD (SD Card), dan lainnya. Pernahkah kalian mengalami masalah tersebut?

faktor harddisk dan flashdisk tidak bisa rename karena rusak

Banyak faktor yang membuat partisi Harddisk/Flashdisk/Micro SD tidak bisa diganti namanya. Salah satu faktornya adalah partisi tersebut telah rusak. Tahukah kalian bahwa sebuah media penyimpanan seperti Harddisk sangat rawan terhadap kerusakan.

Harddisk adalah sebuah komponen PC/Laptop (Hardware) yang berfungsi untuk media penyimapan data. Didalam Harddisk, ada sebuah piringan magnet yang sangat rentan terhadap guncangan. Jika piringan tersebut rusak, otomastis semua komponen dalam Harddisk akan ikut rusak juga.

Kemungkinan kedua adalah terkena virus. Media penyimpanan seperti Flashdisk dan Kartu Micro SD sangat rentan terhadap virus. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang bersifat umum dan mudah dipindahkan dari satu PC/Laptop ke PC/Laptop lain.

Kembali ke topik pembahasan, bagaimana cara mengatasi Harddisk/Flashdisk/Micro SD yang tidak bisa rename/ganti nama?

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu menggunakan Notepad untuk mengetikkan perintah dan memasukannya kedalam Harddisk/Flashdisk/Micro SD yang tidak bisa diganti namanya. Untuk lebih jelas, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Harddisk/Flashdisk/Micro SD Yang Tidak Bisa Rename


1. Pertama, lihat partidi mana yang tidak bisa di ganti namanya.

Hard Disk Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename)

2. Buka notepad lalu ketikkan perintah seperti dibawah ini.
[autorun]
label=www.gadgetinow.com
Ganti www.gadgetinow.com dengan nama partisi yang kalian inginkan.

Flashdisk Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename)

3. Simpan perintah tersebut dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL+S. Simpan file tersebut kedalam partisi yang tidak bisa di rename sebelumnya dengan nama file "autorun.inf". Letakkan file tersebut diluar folder dan jika berhasil, maka partisi akan berubah nama sesuai dengan perintah di file tersebut.

Micro SD Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename)

Itu dia tutorial mengatasi Harddisk/Flashdisk/Micro SD yang tidak bisa di rename. Jika berhasil, secara otomatis partisi akan berubah nama sesuai dengan yang kamu inginkan. Dan jika masih gagal, kemungkinan memang partisi tersebut telah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Sekian artikel Cara Mengatasi Hard Disk, Flashdisk, Micro SD Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename). Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang mengalami masalah tersebut:)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Hard Disk, Flashdisk, Micro SD Yang Tidak Bisa Diganti Nama (Rename)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel