Efek Samping Menyelakan Laptop Tanpa Baterai, Apakah Bahaya?

akibat menyalakan laptop tanpa baterai

GADGETINOW | Banyak pertanyaan yang muncul yang menanyakan tentang bahaya atau efek samping menyalakan laptop tanpa baterai (langsung colok ke charger). Baterai pada laptop umunya berjenis Li-Po namun, ada juga baterai laptop yang berjenis Li-Ion sehingga baterai tersebut dapat dilepas.

Yang jadi pertanyaan adalah jika baterai tersebut telah rusak dan kalian ingin menyalakan laptop tanpa baterai sehingga laptop tersebut kalian langsung colokkan ke charger.

Seberapakah bahayanya hal tersebut?

Baterai laptop adalah komponen laptop yang berperan penting dalam memasok dan menstabilkan daya listrik ke semua komponen dalam laptop kalian.

Jika baterai tersebut kalian lepas dan kalian menyalakan laptop langsung menggunakan charger, laptop akan kehilangan kestabilan daya listrik. Sehingga daya listrik yang masuk kedalam komponen tidak lagi terkontrol.

Berikut adalah efek samping menyelakan laptop langsung menggunakan charger dengan melepas baterai.

Akibat Menyalakan Laptop Tanpa Baterai dan Langsung Dicolok Charger


1. Aliran Listrik Tidak Stabil


Seperti yang sudah dijelaskan tasi, baterai berperan penting dalam menstabilkan daya yang masuk ke dalam komponen atau hardware dari laptop kalian.

Jika baterai dilepas dan kalian langsung meyalakan laptop menggunakan charger, listrik yang masuk ke komponen akan menjadi tidak terkontrol yang mengakibatkan aliran listrik di komponen laptop menjadi tidak stabil.


2. Rusaknya Komponen


Aliran listrik yang tidak stabil akan membuat rusaknya komponen pada laptop kalian. Kenapa demikian? listrik yang masuk kedalam komponen laptop tanpa melalui penstabilan akan membuat arus listrik berlebih yang mengakibatkan komponen laptop kelebihan muatan arus listrik dan akhirnya rusak.

Komponen laptop yang rusak akibat arus listrik berlebih memang tidak langsung terlihat dampaknya, namun jika hal ini dilakukan berulang kali akan membuat komponen atau hardware dalam laptop akan semakin rusak dari waktu ke waktu.


3. Komponen Terbakar


Yang terakhir sekaligus yang semoga saja tidak terjadi adalah terbakarnya komponen karena arus listrik yang berlebih dan tidak stabil.

Komponen atau hardware laptop akan mengalami over arus listrik yang membuat komponen seperti Motherboard  menjadi overheat karena tidak mampu menahan daya listrik.

Komponen atau hardware terssebut akan terbakar jika hal ini dibiarkan.

Kesimpulannya, jika baterai laptop kalian rusak dan belum dibenarkan sebaiknya tetap gunakan baterai tersebut dan jangan sekali kali menyalakan laptop tanpa baterai dan langsung dicolok ke charger karena hal tersebut mempunyai efek samping atau akibat yang cukup berbahaya.

0 Response to "Efek Samping Menyelakan Laptop Tanpa Baterai, Apakah Bahaya?"

Posting Komentar